Selasa, 16 Maret 2010

MANAJEMEN; SOLUSI INPUT PROSES DAN OUTPUT

Manajemen merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Cermati lagi kata-kata awal tadi yaitu kata-kata “sangat penting dalam sebuah organisasi. Sepenting apakah manajemen?
Bahkan perusahaan terkenal yang sukses bisa bangkrut karena manajemen yang buruk sehingga mesti ada pergantian pemilik perusahaan. Tidak perlu disebutkanlah apa nama perusahaan itu, yang penting apa yang bisa diambil di dalamnya. Bisa sampai-sampai rugi besar pemilik awal perusahaan tersebut hanya karena kurang mengenal pentingnya manajemen. Saya tekankan lagi disini yaitu”kurang mengenal pentingnya manajemen”. Karena pada dasarnya setiap orang bisa melaksanakan manajemen. Setiap orang pasti bisa mengambil keputusan. Tetapi yang belum ada mungkin dengan sikap apa? Dengan cara apa? Apa dia emosi? Dalam pengambilan keputusan tersebut. Untuk itu mari kita membuka lagi definisi manajemen agar lebih paham dan bisa untuk mempraktekkannya.

Manajemen adalah pencapaian tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mempergunakan bantuan orang lain. (George Terry).
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya lain yang ada dalam organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan (James Stoner).

Beberapa definisi manajemen diatas bisa diambil kesimpulan bahwa manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan. Tujuan dimana goal dari apa yang kita inginkan sesuai dengan visi misi yang telah kita buat. Sehingga dalam pencapaian tujuannya ada langkah sederhana tetapi sangat penting menurut Terry, yaitu INPUT, PROSES, OUTPUT.

Input bisa menjadi satu hal dasar yang akan menghasilkan banyak pertimbangan. Input menjadi langkah awal seseorang untuk melangkah kedepannya. Komponen input yang sangat terkenal menurut Terry ada Man, Money, Material, Method. Dari kata “man” muncul sebuah pembelajaran manajemen sumber daya mansia. Dari kata “money” muncul pembelajaran manajemen keuangan. Dari kata “material” muncul pembelajaran manajemen logistik. Dari kata “method” muncul system informasi manajemen, how to manajemen? Dan lain sebagainya. Solusinya dari permasalahan input dengan pengaturan 4 M tadi maka al hasil organisasi akan dapat berjalan dengan baik. Pelajari dan renungkanlah itu baik-baik.

Proses merupakan langkah kerja kita. Setelah kita merencanakan input dari 4 M tadi dengan visi misi yang akan kita buat untuk organisasi kita, alasan, tujuan, serta goal akhir. Mari sekrang saatnya melangkah. Dengan menggunakan ilmu entrepreneur kita, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengatasi segala permasalahan yang mungkin terjadi, serta sikap dalam pengambilan keputusan, maka solusi dari proses ini akan bisa teratasi. Berbeda dengan input, proses tidak bisa hanya dituliskan secara teori, mesti prsaktek. Sekali lagi mesti praktek ke lapangan langsung. Karena bila belajar manejemen dari sisi inputnya saja. Hanya teori-teori abstrak yang akan kita dapatkan. Bahkan teori-teori yang tidak pasti tersebut bisa bikin kita “mual”. Karena perputarannya hanya disekitar-sekitar situ saja. Jadi solusi seanjutnya untuk proses adalah praktekkan semua rencanamu. Lakukanlah sekarang.

Output atau hasil. Bisa gagal, berhasil, sesuai tujuan, menyimpang dari perencanaan awal. Tetapi semua itu hanyalah teori. Output bukan memberi solusi,tetapi solusilah yang menghasilkan output itu sendiri dalam sebuah manajemen. Sehingga selamat bagi kalian-kalian yang telah menjadi output-output berkualitas karena kemampuan kalian yang bagus. Bagi yang gagal, pahami dan praktekkanlah sebuah manajemen tersebut. Semoga output yang saat ini hanya menjadi mimpi-mimpi besar kita. Dan itu tidak akan berhenti sebata mimpi, tetapi ada di depan kita dan dapat kita raih mimpi itu.

1 komentar:

  1. Wahhhh BaGus Vanget Analisisnya
    Tapi Aya Meren Anu Negatifna Mah, Biasa Netizen. Hahahahahaha

    BalasHapus