Minggu, 31 Januari 2010

PRIORITAS ANDAKAH?

Terbelesit suatu pertanyaan sederhana. Pertanyaan tersebut adalah ”Mana yang lebih diprioritaskan antara pilihan-pilihan berikut. Kuliah, keluarga, organisasi, masyarakat, Agama? Bila pertanyaan tersebut dilontarkan kepada berbagai macam orang maka akan dihasilkan tipe jawaban yang berbeda. Tetapi karena setiap jawaban adalah subjektif, maka tidak ada kata yang salah untuk hal tersebut. Berdasarkan versi jawaban orang-orang FKM UI prioritas tersebut antara lain Agama, keluarga, kuliah, organisasi, dan masyarakat.
Berbicara mengenai organisasi akan terbentuk kata kerja sama di dalamnya. Orang-orang FKM UI mengatakan bahwa organisasi adalah bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga meskipun caranya berbeda yang penting dari kerja sama itu memiliki satu visi dan misi yang telah disepakati bersama dalam setiap organisasi.
Setiap organisasi pasti memiliki seorang pemimpin. Konsep pemimpin seperti apa yang baik dan bagaimana juga konsep bawahan yang benar?? Berdasarkan jawaban buku berjudul “Harus Bisa” yang mengulas tentang kepemimpinan SBY, pemimpin itu harus mampu bersikap tegas, adil, dan bertanggung jawab. Ketiga konsep yang ada di sini tidaklah mudah. Karena pada kenyataannya banyak sekali ditemukan pemimpin yang otoriter, egois, dan tirani. Versi pendapat lain menyebutkan seorang pemimpin harus memiliki agama yang baik sehingga dia mampu bertindak dengan tegas dan mempunyai hati juga sehingga peduli terhadap rakyatnya. Lalu konsep bawahan seperti apa yang benar. Menurut orang-orang ahli, bawahan itu sebaiknya menghargai pemimpin dalam setiap tindakannya. Setiap dari tindakan pemimpin yang salah sudah semestinya untuk diingatkan. Bila langkah tersebut tidak berhasil dapat pula dilakukan kudeta.
Kembali lagi kepada semua prioritas di awal menyangkut kuliah, keluarga, organisasi, masyarakat, dan agama kalau menurut saya sendiri harus seimbang demi terciptanya kesuksesan bagi diri kita sendiri. Entah memang ada prioritas lain dalam hidup kita semua hal tersebut tidak ada yang salah asalkan semua hal yang kita lakukan merupakan suatu kebaikan baik bagi diri kita, masyarakat, bangsa dan Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar