Minggu, 31 Januari 2010

PSIKOLOGI WAKTU

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari seseorang, sedangkan waktu adalah penunjuk bahwa saat itu telah berubah. Jadi psikologi waktu dapat diartikan ilmu yang mempelajari seseorang dan perubahan-perubahannya. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa setiap orang berubah yaitu agar orang tersebut dapat mengetahui jati dirinya dan mengetahui yang terbaik bagi dirinya. Terkadang segala perubahan membawa suatu masalah besar dalam hidup kita karena sikap egois kita dalam menemukan paradigma baru tentang hidup. Terkadang juga kita akan menemukan kebahagiaan disaat kita menemukan jati diri kita yang sesungguhnya. Setiap waktu yang berjalan akan membawa kita kedalam kedewasaansetelah melewati masa lalu dan berbagai pengalaman kita.
Seseorang hari ini berpendapat demikian kemudian esok harinya berpendapat lain dari kemarin. Itu bukan merupakan sikap plin-plan atau tidak percaya diri. Itu adalah sikap dimana ia mengerti apa yang sebaiknya terbaik untuk dirinya. Sebaiknya tidak kita caci maki segala perubahan itu, melainkan kita hargai sebagai sikap kita menghargai seseorang dan bagaimana kita mengerti seseorang.
Lalu kaitan psikologi waktu dengan kesehatan yaitu lebih memiliki pikiran yang sehat tentang perubahan. Baik itu perubahan dalam kebijaksanaan, langkah, dan maksud hati kita. Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehandaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(Al-Baqarah 284)
Untuk itu mari kita ikuti kata hati kita menuju hal-hal yang benar, positif dan sehat. Hati kita mengerti apa yang terbaik buat diri kita. Bila bukan kita sendiri yang berubah siapa lagi yang akan mengubah kita. Untuk itu mari kita menuju perubahan yang lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar